Yakin Bisa!

Saya punya mimpi, yang salah satunya adalah mimpi untuk mandiri secara finansial.

Well, sedikit flashback, pada sebuah kelas bahasa Arab yang saya ikuti beberapa tahun silam, guru bahasa Arab saya memaparkan visinya untuk membantu kaum muslim untuk mandiri dan kuat secara finansial melalui kegiatan wirausaha. Hal ini menurut saya adalah cita-cita yang mulia. Pelan-pelan ide ini memberikan kesadaran bagi saya bahwa bisnis adalah hal yang memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk mencari nafkah, tetapi juga memberikan penghidupan bagi banyak orang. Selain itu, dengan kuat secara finansial, kegiatan bersedekah (secara finansial) juga lebih mudah untuk dikerjakan, bukan? Dengan semakin banyaknya sedekah yang diberikan, mudah-mudahan manfaatnya juga lebih meluas dan lebih signifikan.

Selain ituu, dengan mandiri secara finansial, ibadah itu lebih konsen gitu lho. Kita ga perlu mikir perut. Mikirnya tinggal gimana cara untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya secara spiritual. Hehe. Kalo ada kesempatan untuk mencuri misalnya, itu ga bakal kita lakukan karena kita toh udah “punya”. Itu pandangan saya lho. Intinya, mimpi saya untuk mandiri secara finansial itu juga bertujuan untuk ibadah.

Sementara itu…

Saat ini saya sedang bekerja di sebuah instansi pemerintah. Secara umum, saya punya mimpi untuk “make the world a better place to live in”. Jalan saya untuk mencapainya adalah melalui pemerintahan. Saya punya mimpi bahwa pemerintahan kita akan menjadi jujur, adil, dan profesional. Saya ingin berkontribusi dalam hal tersebut. Saya ingin mencurahkan tenaga dan pikiran saya untuk mewujudkannya. Saya nggak pengen keinginan saya itu terganggu dengan kebutuhan untuk mengisi kekurangan finansial saya. Saya sih pengen kerja di bidang pemerintahan itu untuk sedekah aja, bukan untuk cari duit.

Tapi tetep butuh makan dong? Tetep pengen seneng-seneng dong? Tetep pengen belanja dan jalan-jalan ke luar negeri juga dong? Terus gimana caranya?

Saya pengennya cari duit mah dari bisnis aja yang jujur. Oriflame adalah kendaraan saya. Saya lihat bisnisnya fair, yaitu tidak dengan cara yang licik dan menipu. Produknya bagus dan halal. Modalnya kecil dan mudah untuk dimulai. Waktu kerjanya fleksibel. Kegiatan pembinaannya sangat positif dan bermanfaat. Pengetahuan dan inspirasi yang didapatkan juga banyak. Silaturahmi pun dapat terjalin dengan baik dengan orang-orang lama maupun baru. Saya jatuh cinta dengan bisnis ini.

Saya yakin, bisnis yang dijalankan dengan fair pasti akan memberikan berkah. Paling tidak, Oriflame sudah memenuhi kriteria tersebut. Sekarang, tingga bagaimana saya menjalaninya. Contoh suksesnya sih sudah banyak ๐Ÿ™‚ Contoh gagalnya juga banyak ๐Ÿ™‚ Lho, terus jaminan suksesnya apa? Tentu yang bisa menjamin kesuksesan kita itu ya diri kita sendiri. Tidak ada usaha yang sia-sia, dan bersama kesulitan selalu ada kemudahan. Saya yakin, we can achieve anything if we put efforts in it.

Menurut saya sukses adalah proses kehidupan yang tidak selalu melulu diukur dengan uang. Well, uang memang instrumen yang paling mudah diukur, tetapi perubahan sikap, pertambahan relasi, peningkatan kepercayaan diri, juga adalah bagian dari kesuksesan.

Saat ini saya masih dalam tahap belajar. Saya masih cupu kalau dibandingkan dengan teman-teman seperjuangan yang lain. Mereka sangat hebat. TAPI, all I know is, if I stop here, then it ends. So I won’t stop. Yang namanya pembelajaran itu memang akan berkelanjutan tiada akhir. Tapi dalam prosesnya, selalu ada pertambahan pengetahuan dan perubahan sikap yang, semoga saja, selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yang tadinya konsultan 0%, naik menjadi 3%, dan semoga naik dan naik terus sampai Executive Diamond Director ๐Ÿ™‚ Yang tadinya malu-malu, menjadi pede. Yang tadinya kucel, menjadi wangi dan rapi. Hehe. Pokoknya dinikmati aja. What’s the point of doing these activities if we don’t enjoy it? We are humans, not robots. Just love what you do, do your best, and success will follow.

Ahaha. Tulisanย ini agak muter-muter dan nggak to the point ya? Tapi yaudah sih, this is my page and I

write what I want to write. Hahaha.

Oke, balik lagi ke mimpi saya. Menjadi mandiri secara finansial. Bisa bekerja sesuka hati di bidang pemerintahan tanpa memikirkan gaji (yang ini mungkin sedikit absurd. Ada nggak ya yang berpikiran sama dengan saya tentang hal yang satu ini? Hihi). Menjadi bermanfaat. Ah ya, dan menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Saya yakin melalui Oriflame saya bisa mencapai itu semua. Pasti bisa! ๐Ÿ™‚

write what I want to write. Hahaha.

Oke, balik lagi ke mimpi saya. Menjadi mandiri secara finansial. Bisa bekerja sesuka hati di bidang pemerintahan tanpa memikirkan gaji (yang ini mungkin sedikit absurd. Ada nggak ya yang berpikiran sama dengan saya tentang hal yang satu ini? Hihi). Menjadi bermanfaat. Ah ya, dan menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Saya yakin melalui Oriflame saya bisa mencapai itu semua. Pasti bisa! ๐Ÿ™‚

Tinggalkan komentar